Resep Sambal Matah Khas Jawa

Bahan-bahan




  1. 10 buah cabe rawit merah

  2. 5 siung bawang putih

  3. 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja

  4. 3 lembar daun jeruk

  5. 1 sendok makan air jeruk nipis

  6. 1 sendok teh gula pasir

  7. 1 sendok teh garam

  8. 3 sendok makan minyak goreng



Cara Membuat




  1. Cuci bersih cabe rawit dan bawang putih, iris tipis-tipis.

  2. Haluskan cabe rawit dan bawang putih dengan ulekan atau blender.

  3. Iris tipis bagian putih serai dan daun jeruk.

  4. Campurkan cabe dan bawang yang sudah dihaluskan dengan irisan serai dan daun jeruk. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk rata.

  5. Tuangkan air jeruk nipis dan minyak goreng, aduk rata. Sambal matah siap disajikan.



Informasi Nutrisi



Sambal matah mengandung kalori sekitar 55 kalori per 100 gram. Kandungan lemaknya sekitar 3 gram per 100 gram. Sementara itu, kandungan karbohidratnya sekitar 8 gram per 100 gram. Sambal matah juga mengandung serat sekitar 2 gram per 100 gram, protein sekitar 1 gram per 100 gram, serta kalsium, besi, dan vitamin A.



Tips



Untuk membuat sambal matah yang lebih pedas, bisa menambahkan cabe rawit sesuai selera. Sambal matah juga bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari untuk digunakan kembali. Sebaiknya sambal matah disimpan dalam wadah tertutup rapat agar tetap segar dan tidak mudah rusak.



Penutup



Sambal matah merupakan salah satu jenis sambal khas Indonesia yang sangat populer. Sambal ini memiliki rasa segar dan pedas yang cocok untuk dihidangkan bersamaan dengan berbagai jenis makanan. Dengan mengikuti resep sambal matah khas Jawa di atas, Anda bisa mencoba membuat sambal matah sendiri di rumah dengan mudah.


close